Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Dasar Untuk Sabuk Kuning Polos

SABUK KUNING POLOS


Setelah materi tentang materi dasar untuk sabuk putih kini ke materi selanjutnya mengenai materi dasar untuk sabuk kuning polos.

I. TANGKISAN (MAKKI)

1. Bakat Palmok Eolgool Bakat Makki

Tangkisan dari dalam ke luar (bakat makki) dengan menggunakan lengan bawah bagian luar (bakat palmok), untuk melindungi kepala/bagian atas badan (Eolgool). Kedua punggung kepalan tangan saling berhadapan (saling menyilang di depan dada), dengan posisi tangan yang akan menangkis berada di dalam. Kepalan tangan yang di luar, ditarik sambil diputar ke samping sabuk/pinggang, punggung kepalan ke arah bawah. Kepalan tangan yang di dalam (untuk menangkis) diayun ke luar sambil diputar, dengan putaran pinggang, siku lengan ditekuk, tinggi kepalan tidak melewati bahu, dengan punggung tangan menghadap ke bawah/wajah. Kedua tangan digerakkan secara bersamaan/serentak. Biasanya tangan yang digunakan untuk menangkis, sama dengan kaki yang berada di depan.

II. PUKULAN (JIRUGI)

A. Dobion Eolgool Baro Jirugi

Pukulan 2 (dua) kali (dobion) arah atas/kepala (eolgool) dengan posisi tangan yang digunakan untuk memukul pertama kali, berlawanan dengan kaki yang berada di depan.

B. Dobion Eolgool Bande Jirugi

Pukulan 2 (dua) kali (dobion) arah atas/kepala (eolgool) dengan posisi tangan yang digunakan untuk memukul pertama kali, sama dengan kaki yang berada di depan.

C. Dobion Momtong Baro Jirugi

Pukulan 2 (dua) kali (dobion) perut/tengah (momtong), posisi tangan yang digunakan untuk memukul pertama kali, berlawanan dengan kaki yang berada di depan.

D. Dobion Momtong Bande Jirugi

Pukulan 2 (dua) kali (dobion) perut/tengah (momtong), posisi tangan yang digunakan untuk memukul pertama kali, sama dengan kaki yang berada di depan.A. Sambion Bande Jirugi

3 (tiga) kali (sambion) pukulan dengan masing-masing sasaran kepala, dada, dan perut dengan posisi tangan yang digunakan untuk memukul pertama kali, sama dengan kaki yang berada di depan.

B. Sambion Baro Jirugi

3 (tiga) kali (sambion) pukulan dengan masing-masing sasaran kepala, dada, dan perut dengan posisi tangan yang digunakan untuk memukul pertama kali, berlawanan dengan kaki yang berada di depan.

III. TENDANGAN (CHAGI)

1. Eolgool Yeop Chagi/Momtong Yeop Chagi

Tendangan sentak ke samping dengan menggunakan pinggir/sisi luar telapak kaki, dengan arah sasaran kepala (eolgool)/perut (momtong).

0 komentar:

Posting Komentar